× Humaniora Kesehatan Lingkungan Gaya Hidup Perempuan Agama Seni Budaya Sastra Sosok Wisata Resensi Nawala Intermeso Esai Media

Marimoi

Film pendek terbaik tahun ini yang digarap LXsecond' pada kompetisi Lomba Film Pendek Koperasi dan UKM Tahun 2019.

Visual Literacy

12/11/2019

"MARIMOI" adalah film pendek terbaik tahun ini yang digarap LX Second' pada kompetisi Lomba Film Pendek Koperasi dan UKM Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM RI. "Marimoi", mengangkat tema usaha Batik Malefo di Kelurahan Tubo Kecamatan Kota Ternate Utara. 

Pada awalnya LXsecond' hanya sebatas komunitas yang memproduksi Musik Video, Iklan Produk dan konten lokal untuk sosial media. Pada tahun 2015, LXsecond' mulai berkomitmen profesional dalam proses produksi video dan film pendek. Mereka juga melakukan workshop di sekolah-sekolah untuk mencari dan menumbuhkan semangat sineas muda di Maluku Utara untuk berkarya. 

Sejak 2016 hingga 2018 LXsecond' selalu menjadi nominator dalam setiap lomba film pendek tingkat Nasional yang mereka ikuti. Dan tahun ini, mereka menjadi juara 1 tingkat Nasional. 
 
"Kami mengikuti kompetisi film pendek di Kemenkop dan UKM RI, meraih juara 1 tingkat Nasional. Dalam film ini, kami minim dukungan dari berbagai pihak. Film ini diproduseri oleh bapak Umar Hasan yang peduli. Saya mengemas ini dibantu penulis naskah Rian Wanboco. 
Sudah ke-tujuh kali, kami meraih prestasi tingkat Nasional. Lokasi yang kami ambil dalam film ini yaitu di Batik Malefo, Kelurahan Tubo...," tulis Kharaman Hirto kepada Lefo.   


Marimoi (2019)

Mudu, seorang pengerajin batik yang terjerat hutang di saat dia mempersiapkan kelahiran anak pertamanya. Selain masalah pinjaman modal, Mudu juga bermasalah dengan penyewaan tempat kerjanya. 

Dalam perjuangannya mengatasi masalah, Mudu dia dibantu oleh Tegar dan Udin karena merasa bersalah tanpa sengaja merusak PlayStation yang mereka pinjam dari Mudu. Merasa berhutang budi, mereka berjanji untuk mengganti PlayStation-nya. Karena tidak memiliki uang, mereka lalu sukarela bekerja di tempat Mudu.

Tegar dan Udin sangat yakin dengan ide yang mereka berikan bisa mengatasi masalah Mudu. Namun, Mudu yang masih trauma dengan masalah modal sebelumnya, tidak serta merta menerima.

a film by LXsecond'

Producer Umar Hasan
Director Kharaman Hirto

CAST
Ismit Suratman
Nadila Damogalad
Astuti Ibrahim
Fikri Mudin
Dodi
Darma M. Subardjo

CREW
Ryan Wanboko
Hendro Lukisan
Lutfi Samsudin
Adam Umaternate
Fauji Renaldy
Aswat Manufuri


Share Video Lefo Visual


Video Lainnya
Slank Persembahkan Pahlawan Jalanan

VIDEO

Slank Persembahkan Pahlawan Jalanan

#VIDEO - 17/05/2020

Hikmah Corona di Lagu Rhoma

VIDEO

Hikmah Corona Di Lagu Rhoma

#VIDEO - 05/04/2020

Protokol Isolasi Mandiri (Home Quarantine)

VIDEO

Protokol Isolasi Mandiri (Home Quarantine)

#VIDEO - 29/03/2020