× Humaniora Kesehatan Lingkungan Gaya Hidup Perempuan Agama Seni Budaya Sastra Sosok Wisata Resensi Nawala Intermeso Esai Media
#OLAHRAGA

Berharap Tuah Rizal Memorial Stadium

Hasil di SEA Games 1991 sekaligus pembuktian bahwa Indonesia bukan jago kandang.

Freelancer
Berharap Tuah Rizal Memorial Stadium
Photo: PSSI

27/11/2019 · 1 Menit Baca

Timnas Indonesia telah memulai petualangannya mengejar medali emas SEA Games 2019 Manila. Pada laga perdana, skuat Garuda menang 2-0 atas Thailand di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (26/11/2019).

Kemenangan atas Thailand menjadi awal yang baik bagi timnas Indonesia dalam mengarungi kerasnya persaingan memperebutkan gelar juara SEA Games. Apalagi, PSSI mematok target juara yang berarti medali emas di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara. 

Ini bukan kali pertama, PSSI kembali menargetkan medali emas setelah kegagalan demi kegagalan sebelumnya. Target medali emas bukan tanpa alasan jika mengingat sudah hampir tiga dekade, Indonesia tidak pernah lagi mencicipi gelar juara cabang sepakbola SEA Games.  

Terakhir kali Indonesia merebut medali emas adalah kenangan 28 tahun silam di SEA Games 1991. Saat itu Tim besutan Anatoli Polosin menyumbangkan medali emas setelah mengalahkan Thailand secara dramatis di partai final.

Pada partai puncak yang dihelat di Stadion Rizal Memorial, Manila, pertandingan berakhir tanpa pemenang dengan skor 0-0. Adu penalti menjadi pilihan terakhir untuk menentukan pemanang. 

Di saat-saat menentukan itu, kiper timnas, Eddy Harto dan Sudirman menjadi pahlawan kemenangan Indonesia di babak tos-tosan. Eddy Harto sukses menggagalkan tendangan pemain Thailand.

Kemenangan Indonesia ditentukan eksekusi sempurna Sudirman yang menjadi algojo terakhir. Indonesia menang 4-3 dan berhak membawa pulang medali emas SEA Games.  

SEA Games 1991 menjadi sejarah penting bagi persepakbolaan Indonesia. Medali emas SEA Games 1991 menjadi yang kedua beruntun setelah Indonesia menjadi juara SEA Games 1987 di rumah sendiri. 

Torehan gelar back to back menegaskan dominasi Indonesia di cabang sepakbola SEA Games kala itu. Hasil di SEA Games 1991 sekaligus pembuktian bahwa Indonesia bukan jago kandang.

Tahun ini SEA Games kembali dihelat di Manila, Filipina, tempat dimana timnas Indonesia berpesta 28 tahun lalu. Eforia di Stadion Rizal Memorial berusaha dibangkitkan. Tujuanya memotivasi skuat Garuda untuk terbang tinggi dengan memenangi gelar juara.

Perjuangan pelatih Indra Sjafri bersama tim asuhannya mengulang prestasi SEA Games 2019 telah dimulai. Meski sukses mengalahkan Thailand pada laga perdana fase grup, jalan menuju gelar juara masih panjang. Akankah timnas Indonesia membawa pulang medali emas yang selama ini dirindukan? 


Share Tulisan Arif SP


Tulisan Lainnya

Asosial

#ESAI - 19/07/2021 · 15 Menit Baca

Bendera Putih

#ESAI - 18/07/2021 · 15 Menit Baca